Beberapa hari yang lalu, saya menonton video Deddy Corbuzier mengenai artis TV menjadi youtuber ( https://www.youtube.com/watch?v=hTn2CdkUa1c ). Banyak yang sukses, bahkan beberapa video mereka muncul di halaman trending, tetapi banyak juga yang gagal.

Pertanyaan saya : apakah seorang youtuber (khususnya para artis tv tersebut) harus mengerti mengenai cara editing video? apakah seorang youtuber harus dia sendiri yang editing video mereka?

Jawabannya : belum tentu. Apalagi artis TV yang masih laku, mereka tidak ada waktu untuk editing video. Mereka bisa menggunakan anak buah atau vendor untuk pekerjaan tersebut. Mitosnya akan lebih baik jika youtuber / artis TV tersebut yang edit video sendiri.

Jawaban itu sama persis untuk pertanyaan “apakah Marketer Konvensional harus mengerti coding jika ingin menjalankan Digital Marketing?”
Memiliki kemampuan coding memang membantu banyak hal ketika menjalankan Digital Marketing, tetapi kemampuan coding tersebut BUKAN kemampuan yang paling penting.

Lalu kemampuan apa yang paling penting? Kemampuan mengetahui dan menawarkan konten yang paling disukai oleh user. Dari ketertarikan / interest yang muncul dapat diarahkan agar user membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Para artis TV youtuber yang berhasil adalah orang-orang yang mengerti apa yang user / masyarakat suka nonton. Drama, kontroversi, gosip, prank, menggungah rasa iba, metode cinematic shooting, dan lain-lain.

Begitupula dengan Digital Marketing, marketer konvensional cukup menjalankan kegiatan marketing dan kpi / goals yang mereka biasa lakukan dan berhasil. Bedanya, sekarang dilakukan di media digital.

Dahulu para pemilik bisnsis berbondong-bondong ke media cetak untuk memasarkan atau menawarkan iklan produk. Tetapi saat ini, terlihat adanya penurunan minat oleh masyarakat terhadap media konvensional dan beralih ke media online. Bisnis dapat melirik perkembangan media baru ini untuk memanfaatkan peluang strategi yang tepat. Saat ini hanya dengan beberapa klik, Anda sudah bisa memasarkan product atau brand. Dibarengi dengan konten serta platform yang sesuai dengan karakteristik audies, pemilik bisnis sudah dapat meraup untung yang sepadan bahkan lebih dengan strategi pemasaran melalui media online. Lebih untung lagi, strategi pemasaran digital akan menghemat budget yang signifikan dibanding pemasaran melalui televisi. Selain itu, digital marketing menyediakan alat ukur untuk mengetahui keberhasilan kampanye secara akurat dan real time. Seiring perkembangan zaman, digitalisasi menjadi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi. Dengan perubahan evolusi yang signifikan membuat bisnis gencar menjangkau audience lebih luas dengan berbagai cara. Penggunaan teknologi menjadi salah satu upaya mereka dalam membangun serta mempertahankan perusahaan. Banyak bisnis yang mengganti haluan mereka menjadi bisnis online untuk menangkap pasar. Ruang inilah yang dimanfaatkan untuk menjadikan peluang yang lebih besar dan menguntungkan.

Perencanaan pemasaran strategi digital menjadi langkah awal yang harus ditempuh dan diketahui oleh setiap perusahaan. Perencanaan inilah yang mengantarkan Anda terhadap pencapaian serta tujuan yang hendak diraih oleh perusahaan. Melalui digital marketing perusahaan akan mengenal target dan goal yang tepat untuk pertumbuhan bisnis yang semakin maju. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para brand dan publisher dalam strategi pemasaran. Kita harus mngetahui lebih dulu siapa audience yang ditargetkan secara tepat dan benar. Dengan mengetahui mereka, kita akan merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran. Internet kini sudah terfragmentasi oleh karaktersitik pengguna yang beragam. Maka para brand atau publisher harus jeli menangkap peluang. Pada tahapan pembuatan strategi pemasaran pun, kita harus bisa memutuskan konten serta platform yang digunakan. Lagi-lagi, penentuan ini tergantung terhadap karakteristik ‘umpan’ yang diinginkan.

Digital marketing adalah bagian dari marketing dan mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memperkenalkan produk atau jasa kita kepada banyak orang dan memudahkan mereka untuk membeli. Dengan pemahaman itu, digital marketing menjadi lebih mudah dipahami, baik untuk penetapan tujuan, formulasi strategi, metode implementasi, analisa kinerja hingga perhitungan ROI Return Of Investment. Apapun yang biasa diterapkan di non digital marketing, sebagian besar juga bisa diterapkan di digital marketing. Bahkan pengukuran kinerja dan testing lebih mudah dilakukan di digital marketing, sehingga lebih mudah untuk melakukan peningkatan atau scale up. Hal ini mungkin tidak berlaku secara keseluruhan aktivasi kampanye digital marketing, tetapi bisa diukur di masing-masing digital marketing channel yang digunakan. Sepanjang ROI positif dan meningkat secara linear (bahkan eksponensial), maka budget digital marketing dapat juga ikut ditingkatkan.

Biasanya, tujuan bisnis terbagi menjadi branding, marketing dan selling. Jika tujuan tersebut sudah didefiniskan dengan jelas, maka kita dapat memilih digital marketing channel mana yang paling tepat beserta dengan indeks kinerja atau KPI nya.

Penetrasi internet di indonesia yang semakin baik dari hari ke hari memudahkan para pengguna untuk mengakses internet, termasuk melalui perangkat mobile (seperti: telepon genggam atau handphone, pc tablet, dan lain-lain). Hal ini juga turut berperan serta dalam memperluas saluran atau digital marketing channel, yang juga berdampak pada strategi digital marketing. Dengan segala kemudahan tersebut, teknik marketing word-of-mouth menjadi mudah dijalankan. Contohnya, viral marketing video saat ini bukan hanya berupa iklan yang tayang di televisi, tetapi bisa dalam bentuk yang sama sekali berbeda seperti ada video stand up comedy yang membahas tentang kegunaan suatu produk consumer goods yang disponsori oleh suatu merek atau brand. Contoh lain, kenikmatan dan keunikan makanan suatu cafe atau resto sudah menjadi sangat mudah untuk dibagikan atau dishare melalui social media, seperti facebook, instagram, path, dan lain-lain. Dan kedua contoh itu tidak hanya khusus untuk pengguna pc, tetapi juga bisa diakses oleh pengguna perangkat mobile.

Implemetasi digital marketing yang efektif membutuhkan pemikiran yang inovatif dan kesadaran akan tren yang akan datang. Bahkan Jika Anda merasa yakin dengan strategi bisnis yang anda jalankan saat ini, Anda harus terus mengawasi apa yang akan terjadi selanjutnya sehingga Anda dapat tetap kompetitif dan mengembangkan yang telah dijalankan. Agar bisnis Anda berhasil, berikut adalah empat tips digital marketing untuk pemula yang dapat membantu Anda.

1. Website
Website masih menjadi digital marketing channel yang mendasar. Website bisa hanya berfungsi sebagai brosur atau company profile online, atau bahkan hingga sudah ada suatu sistem (seperti sistem jual-beli atau yang biasa disebut ecommerce website) di dalamnya. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan website, seperti pemilihan nama domain, server hosting, personalized atau cms, bahasa pemrograman yang digunakan, seo atau sem, dan lain-lain. Oleh karena itu, nanti akan ada artikel khusus tentang web development.

2. Blog atau artikel
Mungkin blog bukan hal yang baru dalam dunia marketing, hampir setiap bisnis menggunakan strategi marketingnya dengan blogging. Blogging adalah cara terbaik untuk memanfaatkan pengoptimalan mesin pencarian dan membuat bisnis Anda diperhatikan. Akan tetapi kualitas dari blog harus diperhatikan.
Dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencarian dengan postingan blog yang berkualitas, bisnis Anda akan muncul di bagian atas hasil pencarian untuk topik yang terkait dengan penawaran bisnis Anda. Ini akan menghasilkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda, meningkatkan prospek Anda, dan membantu bisnis Anda berkembang.
Anda harus konsisten memposting blog dengan artikel yang mengandung kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. Efektivitas blog Anda akan didasarkan pada konten yang menarik dan informatif.
Penulisan artikel sudah menjadi hal yang dipandang penting atau perlu oleh google, dengan diluncurkannya istilah “Google Authorship”. Salah satu tempat yang ideal untuk menaruh artikel, selain di website, adalah blog. Blog lebih memudahkan pembaca untuk memberikan komentar untuk suatu artikel. Selain blog platform yang dikeluarkan oleh google yaitu blogspot, blog platform yang saat ini juga sedang terkenal adalah wordpress.

3. Media sosial
Dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran media sosial telah menjadi aspek penting dalam efektivitas pemasaran. Bisnis tidak mampu melakukan hal-hal umum untuk strategi media sosial. Perhatikan teknik pemasaran yang dipersonalisasi. Melacak perilaku konsumen dan menargetkan mereka berdasarkan minat mereka menjadi alat pemasaran yang penting.
Teknik pemasaran yang dipersonalisasi bisa sesederhana menggunakan nama pelanggan Anda dalam pesan email massal yang Anda kirim atau serumit penargetan individu yang bekerja di perusahaan tertentu yang ingin Anda jual dengan iklan Facebook atau LinkedIn. Situs media sosial seperti Facebook telah memperbaiki platform periklanan mereka agar Anda sangat spesifik dengan iklan pemirsa. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat iklan tertentu yang menargetkan grup yang dapat memberikan ROI yang paling tinggi untuk bisnis Anda.
Berhubungan dengan pemasaran digital, tidak luput dari perkembangan media sosial. Kini semua sudah terkoneksi dalam beberapa apps untuk terus berinteraksi. Hal inilah juga yang mempengaruhi trend perkembangan pasar yang beralih ke apps untuk menjangkau audience yang lebih luas. Melihat peluang ini, para pemilik pasar memnafaatkannya dengan pemasaran yang tepat melalui sistem online. Beberapa penelitian menunjukkan perkembangannya di Indonesia adanya adopsi yang sangat luas dari media sosial membuat konsumen beralih menjadi mobile-centric consumer.
Tidak diragukan lagi bahwa social media menjadi sesuatu yang fenomenal akhir-akhir ini, banyak juga orang yang mengakses social media account mereka puluhan kali dalam sehari. Hal ini semakin mendorong pertumbuhan social media platform yang terkadang perbedaan fungsi antara satu dengan yang lain menjadi bias. Melihat fenomena ini, tidak sedikit pelaku bisnis menggunakan social media menjadi saluran digital marketing channel dan tidak sedikit juga yang menggunakannya dengan tidak bijaksana, yang akhirnya mematikan merk atau brand mereka sendiri.

4. Email
Email atau surat elektronik masih menjadi saluran digital marketing yang belum ditinggalkan oleh pengguna dan untuk beberapa kasus tertentu email bisa menjadi digital marketing channel yang paling berdampak. Walaupun social media menjadi sesuatu yg fenomenal, penyedia social media platform masih menggunakan email sebagai salah satu saluran komunikasi mereka. Bahkan salah satu dari mereka sempat juga meluncurkan layanan email (namauser@namasocialmeda.com) yang walaupun pada akhirnya kurang diminati oleh sebagian besar pengguna.

5. Forum atau Komunitas Online
Untuk beberapa usaha kecil dan menengah (ukm), khususnya yang baru berjalan, menempatkan katalognya di forum online bisa menjadi digital marketing channel yang cukup bagus dan tidak sedikit juga ukm yang menyandarkan kelangsungan bisnis mereka sebagian besar di forum online. Memilih forum online yang paling tepat untuk pangsa pasar mereka dan mengikuti peraturan yang berlaku menjadi hal yang harus diperhatikan.

6. Messenger Group
Dahulu jenis messenger masih sedikit, tetapi saat ini jumlah messenger sudah sangat banyak. Sebut saja: yahoo messenger, whatsapp, line, kakaotalk, bbm, dan lain-lain. Mengikuti group yang ada yang sesuai dengan pangsa pasar dan turut berperan serta aktif dapat menjadi digital marketing channel yang baik.

7. Sms
Cara ini juga merupakan cara lama dalam marketing, akan tetapi cara ini cukup efektif untuk dijalankan, karrna dampak dari teknologi mobile yang sangat terasa. Karena handphone kini telah menjadi kebutuhan dan hampir semua kalangan memiliki handphone. Broadcast pesan yang Anda kirim akan langsung masuk ke dalam pesan pengguna provider yang kita pilih. Kita juga harus cermat dalam memilih provider untuk strategi yang sesuai dengan target audience.

8. Strategi dengan visual
Streaming telah menjadi tren pemasaran baru, dimana video Anda dapat digunakan untuk mengkomunikasikan pesan Anda. Facebook melaporkan tahun lalu bahwa 100 juta jam per hari video ditonton di situs mereka. Libatkan pemirsa Anda dengan streaming langsung di acara atau konferensi yang menyoroti Anda dan penawaran produk Anda. Ini adalah cara cepat dan efektif untuk terhubung dengan pelanggan dan membangun merek Anda. Efektivitas pemasaran visual juga bergantung pada grafis yang menarik dan durasi tayang.

Selain saluran digital marketing yang telah disebutkan di atas, sebetulnya masih ada banyak digital marketing channel yang lain, seperti games, ebook / emagz, cd company profile, video viral, dan lain-lain. Oleh karena itu, pemilihan saluran digital marketing untuk suatu bisnis menjadi hal yang benar-benar harus dipikirkan secara mendalam, karena tidak semua saluran digital marketing harus digunakan semua. Untuk anda yang baru memulai bisnis dan ingin mengembangkannya hal – hal di atas merupakan hal yang perlu anda pertimbangkan tips digital marketing untuk pemula di atas.

Contact Us : Whatsapp 08888097722 / training@erudite-indonesia.com

Related Training :