Pertanyaan Tentang Google Adwords atau Frequently Asked Questions F.A.Q. ini disusun berdasarkan pengalaman kami memberikan Pelatihan Google Adwords selama lebih dari tiga tahun melalui Erudite Training Provider.

Apa itu Google Adwords / Google Ads?
Google Adwords terbagi menjadi dua : Google Search Result dan Google Display Network. Dengan Google Search Result, Anda bisa menempatkan iklan anda di halaman pencarian Google (biasanya ditandai dengan ikon Ad) pada saat user sedang mencari produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan Google Display Network, Anda bisa menempatkan banner iklan di website yang bekerja sama dengan Google (Kompas, Viva, Liputan6, dll.)

Apa beda Search Engine Marketing SEM dengan Search Engine Optimization SEO?
SEO adalah metode iklan jangka panjang, dimana iklan akan muncul setelah beberapa saat (biasanya butuh waktu sekitar 3 bulan) untuk mendapatkan hasil. Sedangkan SEM adalah metode iklan jangka pendek, dimana iklan akan muncul sesaat setelah melakukan pembayaran. Anda akan membayar saat orang lain klik iklan SEM Anda. Sedangkan Anda tidak perlu membayar untuk traffik dari SEO, tetapi Anda butuh uang, waktu dan tenaga lebih untuk melakukannya dengan benar.

Apakah saya bisa implementasi Google Adwords sendiri?
Anda bisa implementasi Google Adwords sendiri, tanpa melalui Digital Agency. Anda langsung membayar ke Google untuk setiap iklan anda yang di-klik dan Anda bisa mengakses laporan marketing secara real-time. Implementasi Google Adwords tidak memerlukan latar belakang keahlian programming / web developer.

Apakah bisnis saya cocok untuk diiklan melalui Google Adwords?
Jika Anda yakin ada user yang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan di Google, maka bisnis Anda cocok beriklan melalui Google Adwords. Iklan anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dengan secepatnya dan biaya yang murah.

Apakah kriteria Landing Page yang baik?
Pengguna web mudah tidak fokus, sehingga membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk memutuskan apakah mereka menemukan apa yang mereka cari di halaman web tertentu.
Selain itu, jika halaman web terlalu rumit atau kompleks dalam isi dan tata letak, pengunjung akan menjadi bingung dan mencari tempat atau halaman lain.
Google PageSpeed Insight Tool dapat memberitahukan kepada Anda seberapa baik landing pages halaman web Anda pada kecepatan loading page nya. Jika hasilnya adalah bendera merah atau di bawah angka 70, maka sebaiknya perlu diadakan beberapa perbaikan halaman web tersebut.
Untuk meningkatkan keberhasilan kampanye Anda, Anda harus meminimalkan upaya pengunjung. Mereka harus mampu menemukan apa yang mereka lihat di iklan. Jika landing pages Anda gagal untuk melakukannya, maka anda hanya membuang-buang uang dalam kampanye tersebut.

Apakah Google Adwords dapat diukur kinerjanya?
Begitu banyak marketing metrics yang disediakan oleh Google Adwords untuk analisis kinerja iklan anda, mulai dari jumlah klik, jumlah iklan anda muncul, posisi iklan Anda, jumlah detik yang dihabiskan user di website Anda, kata pencarian apa yang paling banyak dicari dan efektif, perbandingan kinerja bisnis Anda dengan saingan bisnis sejenis, dan masih banyak lagi.

Apakah data dari Google Adwords bisa muncul di Google Analytics?
Bisa, dan berlaku sebaliknya : data dari Google Analytics bisa muncul di Google Adwords. Kita bisa mengeluarkan kolom-kolom metriks baru, seperti avg. session duration, page per session, bounce rate.
Hal ini berlaku jika akun gmail yang digunakan untuk Google Adwords mempunyai akses penuh ke Google Analytics. Jika tidak mempunyai akses, maka biasanya traffic dari Google Adwords akan dibaca sebagai Google Organic di Google Analytics.

Apa itu remarketing?
Melalui Google Adwords, Anda bisa mentargetkan semua pengunjung website Anda yang datang dari apapun digital marketing channel yang digunakan. Sebagai contoh, ketika Anda membuka halaman kategori jam tangan di suatu online shop, maka ketika Anda membuka website lain (misalnya Kompas), maka banner iklan jam tangan dari online shop tersebut bisa muncul.

Kenapa iklan Google Adwords saya tidak tayang? Tidak ada view atau impression.
Jika status iklannya eligible, tetapi belum ada view atau impression, biasanya hal tersebut terjadi karena max Cost per View cpv atau Cost per Click cpc dipasang terlalu rendah. Anda dapat menaikkan hingga Rp. 7.000 per satuan dan setelah 2 jam Anda dapat melakukan pemeriksaan peningkatan view atau impression gak.
Jika sudah ada peningkatan, jangan lupa turunkan cpv atau cpc nya ke tingkat standar budget Anda dan perbaiki quality score iklan.

Apakah saya dapat mengetahui yang diketik user ketika mereka klik iklan saya?
Anda dapat menggunakan laporan search term atau istilah pencarian. Laporan istilah pencarian di Adwords sangat berharga ketika mengidentifikasi istilah yang paling banyak memberikan konversi. Laporan search term menunjukkan apa yang sebenarnya dicari pengunjung Anda ketika mereka mengetik di Google lalu mengklik iklan Anda. Jika istilah pencarian tersebut relevan, Anda dapat menambahkan sebagai kata kunci. Jika tidak relevan, maka Anda dapat blacklist atau exclude.

Apakah saya dapat menentukan hari dan jam penayangan iklan?
Anda dapat menjadwalkan waktu tayang kampanye berdasarkan kondisi bisnis Anda. Misalnya jika bisnis Anda memtargetkan perusahaan atau b2b, maka iklan Anda bisa diatur hanya tayang di jam dan hari kerja saja. Anda memiliki kesempatan untuk mengambil pendekatan yang benar berdasarkan data yang ada. Setelah Anda memiliki data untuk campaign-based, Anda dapat melakukan perbaikan yang lebih baik. Kampanye iklan Anda tidak perlu berjalan selama 24 jam tanpa penjadwalan iklan, tetapi anggaran dapat dialokasikan kembali ke waktu yang paling tepat.