panduan cara menggunakan instagram

Jika Anda belum menjadikan instagram menjadi bagian dari kampanye digital marketing, maka kemungkinan besar anda telah melewatkan kesempatan berharga. Kampanye digital marketing di instagram memang tidak mudah, tetapi layak untuk dicoba. Anda perlu menentukan siapa pengguna instagram yang tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan dan mempunyai strategi yang efektif untuk membawakan pesan yang tepat.

 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kampanye digital marketing di instagram:

1. Gunakan Hastag dengan bijak
Perlu diketahui bagi anda yang baru pertama kali menjalankan kampanye digital marketing di media sosial berbagi gambar, perlu dicatat bahwa ada cara yang benar dan salah ketika menggunakan hastag. Gunakan dengan bijak dan pada seharusnya, hastag dapat dengan mudah memberikan jangkauan yang signifikan.
Hashtag sangatlah penting di platform Instagram. Seorang pengguna Instagram dapat ditemukan dengan cepat karena ia menggunakan 30 hashtag (batas menggunakan hashtag). Hashtag yang populer dapat meningkatkan like pada foto terkait. Simpan hashtag yang digunakan pesaing serta yang berhubungan dengan produk Anda. Anda juga dapat mencarinya di Webstagram, 100 hashtag paling populer. Jadikanlah ide hashtag tersebut menjadi bahan pertimbangan dan data yang dapat mendukung untuk meningkatkan pembaharuan yang segera muncul di audiens target Anda. Untuk postingan yang belum menggunakan hashtag, Anda dapat menambahkannya kembali dan perubahan lonjakan pada jumlah pengikut Instagram Anda akan terjadi.
Setiap kali anda posting sesuatu di instagram, kembangkan kebiasaan untuk menggunakan hastag yang relevan di penjelasan gambar atau yang biasa disebut caption. Kombinasikan antara hastag yang sedang populer dan hastag khusus / custom yang sesuai dengan budaya brand. Hindari spamming hastag, karena justru akan merugikan brand anda, lakukan penelitian yg mendalam untuk menentukan hastag apa saja yang relevan dengan brand dan posting anda.
Hastag yang khusus / custom untuk brand anda sebaiknya mudah diingat dan mudah dimengerti, sehingga pengguna instagram mudah menggunakan hastag tersebut di posting mereka. Selain itu, hastag yang khusus / custom sebaiknya konsisten, tidak hanya di instagram tetapi juga di media sosial lainnya.

2. Interaksi dengan audience
Berbicara persaingan di media sosial, platform mencoba membatasi konten yang tidak terkait dengan orang-orang. Keterlibatan antara konten dengan audience harus segera dibangun. Karena semakin banyak keterlibatan merek pada audiens instagram, semakin banyak kemungkinan lebih mudah merek Anda terlihat lebih luas jangkuannya kepada audiens. Disinilah konten menjadi hal yang penting dapat dijadikan acuan untuk menduduki konten teratas. Mulailah dengan memberikan respon terhadap pertanyaan merek Anda atau sekedar memberikan like. Tidak hanya memberikan anggapan, bahwa Anda peduli terhadap audiens, tetapi hal ini dapat tercatat dalam keterkaitan rasio dan peningkatan jumlah komentar. Yang berarti, adanya kesadaran merek yang bertambah terhadap audiens.
Bahasa menjadi aspek penting dalam pembuatan konten. Ini akan membantu mengkomunikasi pesan yang sesuai dengan tujuan merek Anda. Maka dari itu, bahasa harus menyampaikan pesan yang sesuai apa yang diinginkan kita dengan apa yang sudah sampai kepada audience.

3. Bagikan Konten Buatan Pengguna
Jika sebuah foto menggunakan jasa profesional dalam sebuah merek atau brand, akan memakan biaya serta memerlukan waktu yang cukup lama. Anda dapat menggunakan foto yang diambil oleh pengguna sebagai bahan yang memperkuat nilai kepercayaan terhadap calon audiens Anda.

3. Kolaborasi dengan Influencers di Instagram
Instagram Influencers adalah pengguna instagram yang aktif dan mempunyai pengikut yang banyak. Kolaborasi dengan mereka dapat membuka jangkauan pengikut yang baru, dimana para pengikut tersebut akan mendengarkan Instagram Influencers dengan lebih serius.
Beberapa Instagram Influencers meminta kompensasi dalam bentuk uang, tetapi masih banyak juga Instagram Influencers yang menggunakan sistem barter untuk produk atau jasa yang dipromosikan. Memang akan ada biaya mitra dalam kerja sama ini, tetapi nilainya lebih minim dibanding Anda menyewa profesional fotografer untuk sebuah brand atau merek. Menggunakan teknik ini pun mempunyai nilai tambah terhadap kualitas merek di mata calon audience.

4. Selenggarakan Kontes Foto
Kontes foto dengan metode “Like to Win” dan hashtag UGC (User generated contest) lebih efektif karena penggunaan hashtag memungkinkan kemudahan dan penyebarluasan yang lebih mudah. Sehingga adanya kemudahan terhadap orang-orang untuk melihat merek Anda. Mengajak audience Anda untuk kontes dengan sebuah foto akan meningkatkan hubungan Anda dengan mereka. Selain itu, ada peningkatan signifikan pengikut merek Anda serta kesempatan untuk terlihat lebih luas lagi dengan audiens juga calon audiens di luar sana. Kontes ini dapat mempengaruhi visibilitas terhadap merek Anda dan menjangkau lebih luas lagi dan frekuensi yang lebih besar.
Maka dari itu, mulailah dengan membuat kontes dengan menentukan tujuan dan goal yang diinginkan. Anda juga harus menentukan metrik untuk menilai kinerja kontes Anda, agar mengetahui sudah berkembang seperti apa dan perubahan apa yang terjadi pada merek Anda.

5. Gunakanlah format Video pada Instagram
Instgram memungkinkan Anda untuk mengirim video dalam 15 detik bahkan lebih. Hal ini menjadi strategi konten yang dinilai cukup efektif dalam penggunaan format instagram yang beragam. Snapgram dapat dimanfaatkan dalam memberikan informasi peluncuran produk baru, update kecil mengenai tanggapan konsumen, penilaian terhadap kualitas barang yang langsung dapat divideokan, serta update pengiriman.

6. Mempromosikan Akun Instagram di Saluran Lain
Situs web Anda dapat menjadi tempat yang sesuai dalam promosinya. Mungkin saja, Anda sudah menerima ratusan bahkan ribuan pengunjung. Anda dapat menyertakan ikon Instagram di menu atas atau kolom tanggapan yang dibuat untuk melihat interakasi. Fungsi follow di Instagram akan membantu Anda untuk mengetahui sudah sejauh mana peningkatan audiens yang sudah ditangkap dalam brand Anda.

7. Implementasi dan Analisa
Agar kampanye digital marketing di instagram dapat memberikan pengaruh yang lebih besar, anda perlu melakukan analisa secara terus-menerus hasil yang didapatkan. Anda bisa menggunakan Instagram Analytics untuk mengetahui siapa saja pengikut aktif, siapa saja yang melakukan interaksi, posting mana yang paling populer, jam berapa biasanya pengikut anda lebih aktif.

 

Selain itu, karena Instagram adalah salah satu media sosial berbagi gambar, maka gambar yang diposting mempunyai peranan yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa ide gambar yang dapat anda posting :

1. Show your products
Tunjukkan koleksi produk yang anda miliki, terutama produk baru atau produk yang jarang ada. Anda juga bisa memperbesar gambar produk dan mengajak pelanggan untuk menebak kira-kira produk apa.

2. Show how it’s made
Ajak pelanggan untuk tahu lebih dalam proses produksi produk kesukaan mereka. Postingan dapat berupa keseluruhan proses atau hanya beberapa proses yang menarik untuk diketahui.

3. Show what your products can do
Terkadang pelanggan tidak mengetahui fungsi suatu produk secara maksimal, ajak mereka untuk menggunakan produk dengan cara baru yang lebih efisien.

4. Show the office and the employees
Tunjukkan sebagian keseharian di kantor, seperti proses pendalaman ide, pelatihan karyawan, makan siang, olahraga dan bermain.

5. Take your customers with you
Menghadiri pameran atau menjadi sponsor sebuah acara? Ajak pelanggan anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai acara tersebut.

6. Share quotes and inspiration
Orang mencari sesuatu yang positif dan membawa inspirasi. Cobalah untuk berbagi gambar dan pemikiran yang unik, dan hindari untuk menggunakan sesuatu yang sering digunakan.

Untuk diskusi atau informasi lebih lanjut, silahkan email kami di seminar@erudite-indonesia.com