panduan cara menggunakan instagram

Jika anda belum menjadikan instagram menjadi bagian dari kampanye digital marketing, maka kemungkinan besar anda telah melewatkan kesempatan berharga. Kampanye digital marketing di instagram memang tidak mudah, tetapi layak untuk dicoba. Anda perlu menentukan siapa pengguna instagram yang tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan dan mempunyai strategi yang efektif untuk membawakan pesan yang tepat.

 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kampanye digital marketing di instagram:

1. Gunakan Hastag dengan bijak
Perlu diketahui bagi anda yang baru pertama kali menjalankan kampanye digital marketing di media sosial berbagi gambar, perlu dicatat bahwa ada cara yang benar dan salah ketika menggunakan hastag. Gunakan dengan bijak dan pada seharusnya, hastag dapat dengan mudah memberikan jangkauan yang signifikan.
Setiap kali anda posting sesuatu di instagram, kembangkan kebiasaan untuk menggunakan hastag yang relevan di penjelasan gambar atau yang biasa disebut caption. Kombinasikan antara hastag yang sedang populer dan hastag khusus / custom yang sesuai dengan budaya brand. Hindari spamming hastag, karena justru akan merugikan brand anda, lakukan penelitian yg mendalam untuk menetukan hastag apa saja yang relevan dengan brand dan posting anda.
Hastag yang khusus / custom untuk brand anda sebaiknya mudah diingat dan mudah dimengerti, sehingga pengguna instagram mudah menggunakan hastag tersebut di posting mereka. Selain itu, hastag yang khusus / custom sebaiknya konsisten, tidak hanya di instagram tetapi juga di media sosial lainnya.

2. Implementasi dan Analisa
Agar kampanye digital marketing di instagram dapat memberikan pengaruh yang lebih besar, anda perlu melakukan analisa secara terus-menerus hasil yang didapatkan. Anda bisa menggunakan Instagram Analytics untuk mengetahui siapa saja pengikut aktif, siapa saja yang melakukan interaksi, posting mana yang paling populer, jam berapa biasanya pengikut anda lebih aktif.

3. Kolaborasi dengan Influencers di Instagram
Instagram Influencers adalah pengguna instagram yang aktif dan mempunyai pengikut yang banyak. Kolaborasi dengan mereka dapat membuka jangkauan pengikut yang baru, dimana para pengikut tersebut akan mendengarkan Instagram Influencers dengan lebih serius.
Beberapa Instagram Influencers meminta kompensasi dalam bentuk uang, tetapi masih banyak juga Instagram Influencers yang menggunakan sistem barter untuk produk atau jasa yang dipromosikan.

4. Jalankan Kampanye yang Kreatif
Strategi yang paling umum digunakan oleh para pemilik brand di Instagram adalah kampanye yang mengajak pengikut untuk berkontribusi atau yang biasa disebut User-Generated Content (UGC), sehingga konten yang dihasilkan diharapkan relevan dan koneksi yang kuat dengan kondisi yang dialami para pengikut.

 

Selain itu, karena Instagram adalah salah satu media sosial berbagi gambar, maka gambar yang diposting mempunyai peranan yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa ide gambar yang dapat anda posting :

1. Show your products
Tunjukkan koleksi produk yang anda miliki, terutama produk baru atau produk yang jarang ada. Anda juga bisa memperbesar gambar produk dan mengajak pelanggan untuk menebak kira-kira produk apa.

2. Show how it’s made
Ajak pelanggan untuk tahu lebih dalam proses produksi produk kesukaan mereka. Postingan dapat berupa keseluruhan proses atau hanya beberapa proses yang menarik untuk diketahui.

3. Show what your products can do
Terkadang pelanggan tidak mengetahui fungsi suatu produk secara maksimal, ajak mereka untuk menggunakan produk dengan cara baru yang lebih efisien.

4. Show the office and the employees
Tunjukkan sebagian keseharian di kantor, seperti proses pendalaman ide, pelatihan karyawan, makan siang, olahraga dan bermain.

5. Take your customers with you
Menghadiri pameran atau menjadi sponsor sebuah acara? Ajak pelanggan anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai acara tersebut.

6. Share quotes and inspiration
Orang mencari sesuatu yang positif dan membawa inspirasi. Cobalah untuk berbagi gambar dan pemikiran yang unik, dan hindari untuk menggunakan sesuatu yang sering digunakan.

Untuk diskusi atau informasi lebih lanjut, silahkan email kami di seminar@erudite-indonesia.com

Copyright © 2017 Erudite Indonesia. All rights reserved.